Waspada Hepatitis B


Apakah kamu merasa lelah, sering pusing, mual dan badan terasa lemah? Jangan diabaikan, cepatlah periksakan diri ke dokter karena keluhan tersebut bisa jadi merupakan gejala infeksi virus VHB yang meyebabkan penyakit hepatitis B.

Banyak orang yang tidak menyadari kalau dirinya telah terinfeksi penyakit yang menyerang fungsi hati itu termasuk saya sendiri yang tidak menyadari ternyata saya telah terkena virus VHB tersebut....

Penyakit Hepatitis B merupakan salah satu penyakit menular yang berbahaya di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB) yang menyerang hati dan menyebabkan peradangan hati akut atau menahun. Walaupun terdapat 7 macam virus Hepatitis yaitu A, B, C, D, E, F dan G, hanya Hepatitis B dan C yang berbahaya karena dapat menjadi kronis dan akhirnya menjadi kanker hati.

Penularan Hepatitis B dilakukan melalui pertukaran cairan tubuh atau kontak dengan darah dari orang yang terinfeksi Hepatitis B. Penularan biasanya terjadi melalui beberapa cara antara lain, penularan dari ibu ke bayi saat melahirkan, hubungan seksual, transfusi darah, jarum suntik, maupun penggunaan alat kebersihan diri (sikat gigi, handuk) secara bersama-sama. Di dunia ini, setiap tahun sekitar 10 juta hingga 30 juta orang terkena penyakit Hepatitis B. Walaupun penyakit Hepatitis B bisa menyerang setiap orang dari semua golongan umur tetapi umumnya yang terinfeksi adalah orang pada usia produktif.

Bila terinfeksi oleh VHB ada beberapa gejala yang dapat timbul antara lain terasa sangat lelah, demam yang tidak terlalu tinggi, tidak ada nafsu makan, nyeri pada perut terutama daerah epigasrium dan kanan atas, mual dan kadang muntah, diare dan konstipasi, nyeri pada otot dan sendi, skin rush, ikterik yang biasanya timbul setelah gejala lain menghilang.

Saya menghimbau kepada teman-teman tenaga kesehatan dan para dokter bedah dimanapun anda berada waspadalah dalam melaksanakan pekerjaan karena kita tidak mengetahui perilaku setiap pasien yang berobat. Waspadalah...waspadalah !!

0 Comments:

Post a Comment